Mengenal Perjanjian Renville dan Sejarahnya

Latar belakang Perjanjian Renville adalah proposal Komisi Tiga Negara (KTN), yang dikumpulkan oleh Indonesia dan Belanda dalam negosiasi. Negosiasi berlangsung di sebuah kapal di Amerika Serikat yang disebut USS Renville.

Perjanjian Renville

Negosiasi berlangsung pada 8 Desember 1947 ketika kapal berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok. Indonesia diwakili oleh Pak Amir Syarifuddin. Sementara itu, Belanda diwakili oleh R. Abdulkadir Widjojoatmodjo, yang memihak Indonesia dengan Belanda. Hasil negosiasi Renville, yang kemudian disebut Perjanjian Renville. secara resmi ditandatangani pada 17 Januari 1948.

Skuad, apakah Anda tidak ingin tahu tentang isi Perjanjian Renville? Adakah yang terkandung dalam Perjanjian Renville? Rupanya, inilah isi Perjanjian Renville:

Isi Perjanjian Renville terbukti membuat Indonesia semakin sulit. Wilayah Indonesia menjadi semakin sempit dan Belanda secara ekonomi memblokir Indonesia. Konsekuensi lain dari Perjanjian Renville adalah jatuhnya kabinet Amir Syarifuddin karena berbagai protes oleh berbagai kelompok di Indonesia. Selain itu, karena berbagai protes, kelompok-kelompok anti-pemerintah muncul. Meskipun banyak protes, Kabinet Hatta, kabinet baru setelah runtuhnya Kabinet Amir Syarifuddin, dipaksa untuk terus menerapkan Perjanjian Renville, meskipun sangat merusak Indonesia.

Contoh kerugian yang diderita oleh Indonesia termasuk wilayah Indonesia yang sudah di bawah kendali Belanda dan harus dikosongkan segera dari TNI. Pasukan Divisi Siliwangi di Jawa Barat yang sudah dikuasai Belanda harus dipindahkan ke Jawa Tengah dan Yogyakarta karena kedua wilayah masih dikuasai oleh Republik Indonesia. Ini juga dilakukan oleh pasukan Indonesia di Jawa Timur. Acara ini dikenal sebagai hijrah. Selain itu, berdasarkan Perjanjian Renville, Garis Demarkasi Van Mook muncul yang semakin mengurangi wilayah Republik Indonesia.

Bagaimana kabarmu, pasukan? Ternyata Perjanjian Renville sangat berbahaya bagi Indonesia, ya! Sebagai warga negara yang baik, kita harus selalu berusaha untuk menjaga integritas negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *