Ini Cara Mudah Mengurangi Polusi Tanah

Sejumlah besar limbah rumah tangga memerlukan penanganan khusus agar tidak mencemari tanah. Limbah padat yang dihasilkan dari limbah dapur atau limbah rumah tangga dapat dipisahkan menjadi limbah organik dan non-organik. Sampah organik berupa puing-puing makanan dan sampah basah dapat diolah kembali menjadi pupuk.

mengatasi pencemaran tanah

Sementara itu, sampah non-organik dapat didaur ulang menjadi barang berguna lainnya, misalnya, digunakan sebagai mainan untuk anak-anak, seperti bahan bangunan, plastik dan serat seperti kesed, gelas didaur ulang dalam vas, plastik didaur ulang dalam ember dan masih banyak lagi. Cara mendaur ulang sampah.

Barang bekas bahan bangunan (seperti keramik, batu, pasir, kerikil, batu bata, berangkal) yang dapat menyebabkan tanah menjadi tidak subur, dapat dikubur di sumur berlapis. Metode ini berfungsi sebagai penyerapan dan penyaringan air, serta upaya untuk menghindari banjir. Penyerapan air bahkan bisa masuk ke sumur dan bisa digunakan kembali sebagai air bersih.

Kurangi penggunaan pupuk sintetis dan berbagai bahan kimia untuk membasmi hama seperti pestisida.

Mengolah limbah industri dalam pengolahan air limbah, sebelum dibuang ke sungai atau laut.

Pengurangan penggunaan bahan yang tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme (tidak bisa terurai secara hayati). Misalnya, ganti plastik sebagai bahan pembungkus / pembungkus dengan bahan ekologis seperti daun pisang atau daun jati.

Hujan asam yang disebabkan oleh kegiatan industri dan asap dari kendaraan bermotor telah menyebabkan pH tanah tidak memadai untuk tanaman. Jadi, cara mengatasinya adalah dengan menambahkan jeruk nipis ke tanah sehingga pH asam menurun.

Ternyata, tidak sulit memberantas kontaminasi tanah, klasifikasi sampah bisa menjadi tugas mudah yang bisa berdampak besar. Selain itu, metode lain tidak sulit dilakukan. Ayo, mulailah hidup hijau untuk mengurangi polusi tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *