11 Contoh Hardware Komputer Dan Fungsinya

Contoh perangkat keras (hardware) dalam komputer dan fungsinya: pada artikel sebelumnya, kita membahas komponen dasar dari sebuah komputer, yaitu pengertian perangkat keras, perangkat lunak dan brainware.

Motherboard

Mulai sekarang, wiringforums.com akan memberikan contoh yang lebih lengkap tentang apa sebenarnya perangkat keras di komputer?

Perangkat keras (hardware) di komputer ini memiliki peran penting. Tanpa perangkat keras, pengguna tidak dapat menjalankan komputer.

Dan sedikit terulang dari pemahaman tentang perangkat keras itu sendiri, perangkat keras adalah komponen yang ada dan berhubungan dengan komputer, dengan perangkat yang dapat dilihat dengan mata telanjang dan dapat disentuh secara fisik.

Ada begitu banyak contoh perangkat keras, beberapa di dalam kasing CPU dan yang di luar kasing. Apa saja perangkatnya?

  1. Motherboard (perangkat pengolah): biasanya disingkat dengan kata “Mobo”, itu adalah papan utama di mana beberapa komponen elektronik dapat saling berhubungan antar perangkat. Motherboard adalah komponen utama dan penting dari komputer karena ia akan bergabung dengan semua komponen komputer. Motherboard ini adalah tempat untuk lalu lintas data.
  2. CPU / Central Processing Unit (perangkat pemrosesan): perangkat keras komputer berguna untuk mengeksekusi perintah dan data yang disediakan oleh perangkat lunak
  3. RAM / Memori akses acak (perangkat pemrosesan): ini adalah penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap. RAM ini dapat ditulis dan dibaca, tidak seperti ROM (read-only memory), RAM umumnya digunakan sebagai penyimpanan utama di komputer untuk secara aktif mengubah informasi.
  4. Kartu VGA (perangkat pengolah): atau dalam bahasa Indonesia, kartu grafis berguna untuk menghubungkan transmisi data grafik antara PC dan perangkat layar. Seperti proyektor, monitor, dan lainnya.
  5. HDD (hard disk drive): Ini adalah komponen data sekunder dari toko perangkat keras dan berisi disk magnetik. Data yang disimpan di hard disk tidak akan hilang ketika tidak disediakan dengan alias tegangan jaringan yang tidak mudah menguap. Menurut perkembangan teknologi, hard drive dalam bentuk fisik sekarang menjadi lebih tipis dan lebih kecil, tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar.
  6. Catu daya: perangkat elektronik yang berguna untuk menyediakan sumber daya ke perangkat lain, seperti listrik. Dan secara ringkas, catu daya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu catu daya yang tidak distabilkan atau distabilkan.
  7. Drive disk optik: umumnya dikenal sebagai drive DVD, drive CD, atau ODD. Fungsi perangkat keras ini bertanggung jawab untuk membaca dan menyimpan data dari atau ke disk optik.
  8. Mouse: Mouse ini berguna sebagai alat untuk memesan objek di layar, dengan mengklik untuk memberi perintah.
  9. Keyboard: Keyboard adalah perangkat perangkat keras yang berguna untuk memasukkan huruf, angka dan karakter khusus lainnya dalam pelaksanaan perintah / tugas.
  10. Scanner: Scanner berguna sebagai alat untuk memasukkan data dalam bentuk gambar atau foto. Jika dilihat berdasarkan prinsip operasinya, ini mirip dengan mesin fotokopi, tetapi hasilnya akan disimpan dalam file.
  11. Monitor: berguna untuk menampilkan informasi grafis atau menampilkan video yang dihasilkan dari komputer melalui perangkat yang biasa disebut kartu grafis atau kartu VGA.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>